Minggu, 09 Januari 2011

manfaat dari perayaan malam tahun baru

   Pesta tahun baru biasanya adalah pesta yang hingar bingar dan penuh dengan alunan-alunan musik. Suara-suara terompet dan tabuhan alat-alat perkusi memeriahkan perhelatan yang senantiasa diadakan setiap tahun. Itulah pesta tahun baru yang selalu dinanti dan dimeriahkan, seakan menjadi kewajiban bagi setiap manusia untuk merayakan upacara pergantian tahun itu. Terkadang acara pesta tahun baru tersebut selalu didanai oleh pemerintah. Negara tidak pernah absen untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk memeriahkan pesta. Jika acara yang diselenggarakan kurang menarik, itu menandakan bahwa uang negara sedang pas-pasan. Kalau sudah demikian, citra sebuah negara akan buruk di mata internasional. Tapi, negara mana yang rela mendapatkan citra buruk di mata dunia? Walau keadaan negara sedang kacau, penuh hutang, rakyat menderita, pesta tahun baru harus dilaksanakan. Kita masih ingat bahwa seorang mantan gubernur DKI pernah mengeluarkan dana seratus juta rupiah dari kas negara hanya untuk membeli kembang api untuk pesta tahun baru. Tidak tanggung-tanggung, kembang api tersebut didesain oleh para desainer Jepang.

   Satu hal yang perlu kita waspadai adalah perayaan malam tahun baru yang menjurus kepada hal-hal yang berbau negatif, seperti pesta miras, narkoba dan bahkan sex bebas. Awalnya begitu sederhana, ketika beberapa orang berkumpul, tiba-tiba ada yang mengajak untuk patungan untuk membeli makanan ringan, setelah itu ada yang usul untuk sekalian membeli minuman keras. Ada lagi modus lain, biasanya ada orang yang mau mendanai pesta itu dengan membelikan satu krak minuman keras dan mengundang muda-mudi untuk berkumpul di tempat pesta. Setelah mereka pada mabuk, akhirnya mengarah kepada perempuan. Biasanya perempuan nakal sudah siap diundang pada malam-malam seperti itu dan mereka pun siap dipakai bersama-sama.

   Di malam tahun baru 2007, pernah dilakukan razia di Desa Poharin Karangbesuki Malang. Pada waktu itu, ketua RW diberi laporan bahwa di beberapa tempat kost, terutama yang tidak ada bapak atau ibu kostnya, diadakan pesta sabu-sabu dan minuman keras. Juga dilaporkan bahwa anak-anak kost itu juga membawa pacar-pacar mereka masuk ke dalam kamar kos-kosan. Begitu diberi laporan seperti itu, maka bapak RW beserta perangkatnya pun bergerak. Tepat pukul 02 pagi, Bapak RW yang dibantu oleh beberapa warga, mengadakan razia secara serempak di beberapa tempat kost yang dianggap liar. Dalam razia itu, ditemukan ada 23 pasang mahasiswa-mahasiswi yang sedang mesum di dalam kamar. Ketiga digrebek itu, sebagian dari mereka ada yang sedang bersetubuh, ada yang sekedar berciuman, dan ada pula yang dalam keadaan telanjang bulat.

   Banyaknya pesta sex bebas pada malam tahun baru juga dirasakan di Pontianak. Sehari menjelang pergantian tahun, penjualan kondom dan obat kuat mengalami peningkatan tajam dibandingkan hari biasa. Pada hari biasa, permintaan kondom relatif minim, bahkan ada kalanya tidak ada. Namun, ketika menjelang Tahun Baru, peningkatan permintaan bisa mencapai 50 persen. Dalam sehari, sedikitnya ada empat sampai lima pak kondom yang terjual. Selain kondom, jamu untuk obat kuat atau kapsul semacam viagra juga laku keras. Permintaan obat kuat ini mulai meningkat sejak tiga malam menjelang tahun baru. Biasanya urusan tabu seperti pesta sex di malam tahun baru akan menjamur. Intensitas ukurannya adalah acara menginap hotel terjadi peningkatan. Tidak jarang juga berita-berita di media, kondom dan obat kuat kehabisan stok.


   Setiap malam Tahun Baru, beberapa hotel juga di kota – kota besar di Indonesia memberikan service kamar yang terbaik, serta memberikan “bonus” berupa gadis manis untuk menemani para tamu. Hal tersebut persis seperti yang terjadi kota Seoul di Korea Selatan yang pada pergantian tahun, warganya selalu melewatinya di hotel berbintang sambil menyewa pelacur papan atas. Di beberapa kota besar dunia, Tahun Baru memang identik dengan pesta miras dan seks. Malaysia juga pernah gempar dengan adanya informasi iklan tentang pesta khusus tahun baru untuk orang – orang yang berusia di bawah 40 tahun, pesta tersebut rencanaya akan berlangsung di negara bagian Johor. Para peminat harus membayar 250 ringgit (800 ribu) untuk tanda masuk, para tamu pria diharuskan melepas pakaian dalam sedangkan tamu perempuan hanya boleh mengenakan g-straing dan harus dilepas begitu tengah malam tiba. Polisi Malaysia juga pernah menahan seorang pembaca berita wanita, seorang aktris dan 24 orang lainnya yang terjaring pada acara pesta "seks dan narkoba" malam tahun baru di sebuah hotel Kuala Lumpur. Dilaporkan bahwa kondom, kaleng bir dan pizza yang belum habis dimakan bertebaran di kamar hotel tersebut. Undangan pesta disebarluaskan melalui jaringan sosial internet Friendster.


   Karena besarnya dampak negatif dari pesta kemaksiatan tahun baru, DPRD Kabupaten Bogor melakukan sidak untuk melihat kesiapan polisi di kawasan Puncak, Bogor dalam mengantisipasi kemacetan dan adanya pesta seks dan narkoba. Aparat kepolisian juga tidak menolak anggapan bahwa kawasan puncak terutama di vila kerap menjadi tempat untuk pesta seks narkoba, terutama pada malam pergantian tahun baru ataupun malam hari libur lainnya. Aparat kepolisian dan petugas Satuan Polisi Pamong Praja harus memantau tempat-tempat hiburan malam yang dicurigai dan berpotensi disalahgunakan pengunjung untuk berbuat hal-hal negatif .

   Untuk menghindari kasus-kasus serupa terjadi di sekitar lingkungan kita, mungkin para pengurus RT dan RW harus tanggap sejak awal, dengan membuat peraturan yang dapat mencegah hal-hal seperti itu terjadi. Misalnya dengan membuat edaran yang disosialisasikan lewat papan-papan pengumuman, di tempat kos-kosan, dan sebagainya, yang isinya melarang untuk melakukan pesta miras, narkoba dan membawa pacar masuk ke dalam kos-kosan apalagi membawa mereka masuk ke dalam kamar.

   Karena itu, wahai bapak kost, ibu kost dan para penghuni kost, waspadalah…..apalagi menjelang malam tahun baru. Jangan sampai “pergaulan bebas” masuk ke dalam kos-kosan anda. Wahai para gadis, waspadalah di malam tahun baru, jagalah kehormatan kalian, karena jika kehormatan itu hilang, kalian akan menjadi seperti sampah yang terbuang…
Wahai orang tua, …waspadalah…awasilah anak-anak kalian…terutama di malam tahun baru… berilah mereka pengertian…agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan…wallahu a’lam bishawab…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar